Rabu, 25 Januari 2012

3 Fakta Unik Rambut Manusia

Rambut yang indah dan terawat bisa menjadi daya tarik seseorang, terlebih lagi wanita. Tapi di balik keindahannya, rambut menyimpan beberapa rahasia unik. Apa saja?

Rambut manusia merupakan struktur sederhana yang terbuat dari keratin dan sel kulit mati. Rambut berfungsi untuk mencegah hilangnya panas dari kepala seseorang. Namun dibalik kesederhanaannya, rambut menyimpan sesuatu yang kompleks. Dilansir dari AskMen, Sabtu (17/7/2010), berikut 3 fakta unik seputar rambut yang belum banyak diketahui orang:



1. Rambut bisa membersihkan tumpahan minyak di air.
Ketika tumpahan minyak Cosco Busan terjadi pada tahun 2007 di Teluk San Fransisco, kelompko relawan ramah lingkungan menggunakan tikar yang terbuat dari rambut manusia untuk membersihkan pantai. Hal ini tidak mengherankan, karena rambut bisa menyerap minyak dari air, serta dapat bekerja sebagai spons alami.

2. Asam amino rambut manusia bisa di gunakan dalam industri kecap
Menemukan helaian rambut dalam makanan tentunya dapat merusak selera makan. Tapi bagaimana jika bumbu atau makanan anda terbuat dari rambut? Internet Journal of Toxicologi melaporkan bahwa Hongshuai Soy Sauce, Perusahaan Kecap di China, memasarkan produk yang menggunakan bioteknologi terbaru dengan harga lebih murah. Hal itu tentu saja membuat produknya menjadi populer.

Tapi sebuah investigasi media menemukan bahwa Perusahaan tersebut tidak menggunakan asam amino yang berasal dari kedelai ataupun gandum, melainkan asam amino yang berasal dari rambut manusia, yang di kumpulkan dari salon dan tempat cukur rambut.

3. Orang berambut merah dianggap alien
Ada sebuah teori konspirasi yang menyatakan bahwa orang yang berambut merah adalah alien-manusia hibrida. Hal ini memang terdengar gila, tapi orang berambut merah memang memiliki perbedaan struktur secara biologi.
Dokter harus membuat persiapan khusus untuk menjalani proses persalinan wanita berambut merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar