Selasa, 31 Januari 2012

Jahe Untuk Redakan Nyeri Otot

Jahe merupakan jenis tanaman yang sudah lama dikenal sebagai bahan obat tradisional dan bumbu masakan. Rasa yang sedikit pedas pada jahe mampu memberikan efek untuk menghangatkan badan. Berdasarkan riset terkini, jahe ternyata berkhasiat meredakan nyeri otot akibat olahraga.

Salah satu khasiat jahe paling sering dibicarakan adalah kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah terjadinya peradangan. Manfaat jahe untuk mengatasi nyeri otot belum banyak diteliti. Para ilmuwan dari universitas georgia mengatakan, rasa hangat jahe memiliki efek meredakan sakit. Tim peneliti yang diketuai Patrick O'Connor melakukan dua riset yang meneliti khasiat jahe selama 11 hari. Jahe yang dipakai adalah jahe mentah serta jahe yang dipanaskan.


Para responden dalam penelitiannya dibagi dalam dua kelompok, yakni yang diberikan kapsul berisi jahe mentah atau yang dipanaskan dan sisanya mendapat kapsul platebo, dan setiap hari mereka meminum suplemen tersebut. Para responden juga diminta melakukan olahraga high impact setiap hari, yang berisiko menderita nyeri otot dilengan. Ternyata, kelompok yang mengkonsumsi suplemen jahe nyeri ototnya berkurang hingga 25 persen dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi jahe.

Suplemen jahe mungkin belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Pemanfaatan jahe lebih banyak dalam bentuk minuman hangat. Minuman ini dipercaya dapat menjaga tubuh teap bugar walau menghadapi stres, masuk angin, dan kegiatan fisik yang melelahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar